Developer


Indotema.com telah mengembangkan aplikasi native Android dan memiliki lisensi resmi developer Google Play. Berdasarkan pengalaman yang dimiliki, kami yakin mampu mengembangkan aplikasi yang berkualitas.

Kami dapat mendukung Anda secara penuh mulai dari perencanaan, desain hingga pengembangan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Ketentuan: Indotema.com berhak menolak pembuatan aplikasi yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan, terutama yang menyangkut SPAM, JUDI,  SARA, PORN, dan pelanggaran hak cipta.


Perjanjian Distribusi Developer Google Play.

Berlaku mulai tanggal 5 November 2019.

1. Definisi.

Penyedia Resmi: Entitas yang diberi otorisasi untuk menerima biaya distribusi untuk Produk yang dijual kepada pengguna Perangkat.

Fitur Merek: Nama dagang, merek dagang, merek jasa, logo, nama domain, dan fitur merek khusus lainnya dari masing-masing pihak, yang dimiliki (atau diberi lisensi) oleh pihak tersebut dari waktu ke waktu.

Developer atau Anda: Siapa pun atau perusahaan mana pun yang menyediakan Produk untuk didistribusikan melalui Google Play sesuai dengan persyaratan Perjanjian ini.

Akun Developer: Akun penayang yang diberikan kepada Developer sehubungan dengan distribusi Produk Developer melalui Google Play.

Perangkat: Perangkat apa pun yang dapat mengakses Google Play.

Google: Google LLC, perseroan terbatas yang didirikan di negara bagian Delaware dengan tempat bisnis utama di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States; Google Ireland Limited, perusahaan yang didirikan di Irlandia dengan tempat bisnis utama di Gordon House, Barrow Street, Dublin 4, Ireland; Google Commerce Limited, perusahaan yang didirikan di Irlandia dengan tempat bisnis utama di Gordon House, Barrow Street, Dublin 4, Ireland; atau Google Asia Pacific Pte. Limited, perusahaan yang didirikan di Singapura dengan tempat bisnis di 70 Pasir Panjang Road, #03-71, Mapletree Business City, Singapore 117371. Google dapat memperbarui alamat dan entitas Google dari waktu ke waktu.

Google Play: Software dan layanan, termasuk Konsol Play, yang memungkinkan Developer untuk mendistribusikan Produk ke pengguna Perangkat.

Hak Atas Kekayaan Intelektual: Semua hak paten, hak cipta, hak merek, hak dalam rahasia dagang, hak database, hak moral, dan hak kekayaan intelektual apa pun (yang terdaftar maupun yang tidak terdaftar) di seluruh dunia.

Akun Pembayaran: Akun keuangan yang diberikan oleh Pemroses Pembayaran untuk Developer yang memberi otorisasi kepada Pemroses Pembayaran tersebut untuk mengumpulkan dan mengirimkan pembayaran atas nama Developer, untuk Produk yang dijual melalui Google Play.

Pemroses Pembayaran: Entitas yang diberi otorisasi oleh Google untuk menyediakan layanan yang memungkinkan Developer dengan Akun Pembayaran untuk menerima pembayaran untuk Produk yang didistribusikan melalui Google Play.

Konsol Play: Konsol Google Play dan fitur online atau layanan lainnya yang disediakan oleh Google untuk developer di https://play.google.com/apps/publish, sebagaimana dapat diperbarui dari waktu ke waktu.

Produk: Software, konten, materi digital, layanan, serta item lainnya yang disediakan oleh Developer melalui Konsol Play.

Pajak: Setiap pajak penjualan lokal, negara, atau federal, pajak penggunaan, PPN, pajak barang dan jasa, atau pajak transaksi lain yang serupa. Istilah ini mengecualikan pajak telekomunikasi dan jenis pajak serupa, pajak properti, dan pajak berdasarkan penghasilan Anda, termasuk, Pemotongan Pajak, pajak penghasilan, waralaba, pajak bisnis dan pekerjaan, serta jenis pajak lain yang serupa.

2. Menyetujui Perjanjian ini.

2.1 Perjanjian ini ("Perjanjian") membentuk kontrak yang mengikat secara hukum antara Anda dan Google sehubungan dengan penggunaan Anda atas Google Play untuk mendistribusikan Produk. Anda terikat kontrak dengan entitas Google yang berlaku berdasarkan tempat yang telah Anda pilih untuk mendistribusikan Produk Anda (seperti yang dinyatakan di sini). Anda memahami bahwa Google akan, hanya atas petunjuk Anda, dan bertindak sesuai dengan hubungan yang dijelaskan pada Pasal 3.1, menampilkan dan membuat Produk Anda tersedia untuk dilihat, didownload, serta dibeli oleh pengguna. Untuk menggunakan Google Play guna mendistribusikan Produk, Anda menyetujui Perjanjian ini dan akan menyediakan serta menjaga informasi yang akurat dan lengkap di Konsol Play.

2.2 Google tidak akan mengizinkan distribusi Produk Anda melalui Google Play, dan Anda tidak dapat menyetujui Perjanjian ini, kecuali Anda sudah terverifikasi sebagai Developer yang bereputasi baik.

2.3 Jika Anda setuju untuk terikat dengan Perjanjian ini atas nama perusahaan Anda atau entitas lain, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki wewenang hukum penuh untuk mengikat perusahaan Anda atau entitas tersebut dalam Perjanjian ini. Jika Anda tidak memiliki kewenangan yang diperlukan, Anda tidak dapat menyetujui Perjanjian atau menggunakan Google Play atas nama perusahaan Anda atau entitas lainnya.

3. Hubungan Komersial, Penetapan Harga, Pembayaran, dan Pajak.

3.1 Dengan ini Anda menunjuk Google sebagai agen Anda atau penyedia layanan marketplace sebagaimana yang dijelaskan di sini untuk pemasaran Produk Anda.

3.2 Perjanjian ini meliputi Produk yang dapat diakses pengguna secara gratis dan Produk yang mengharuskan pengguna untuk membayar agar dapat mengaksesnya. Agar Anda dapat menagih biaya untuk Produk Anda dan menerima pembayaran untuk Produk yang didistribusikan melalui Google Play, Anda harus memiliki Akun Pembayaran yang valid berdasarkan perjanjian terpisah dengan Pemroses Pembayaran, disetujui oleh Pemroses Pembayaran untuk Akun Pembayaran, dan mengelola akun tersebut dengan baik. Jika ada pertentangan antara perjanjian Pemroses Pembayaran Anda dan Perjanjian ini, persyaratan Perjanjian ini yang akan berlaku.

3.3 Produk ditampilkan kepada pengguna dengan harga yang Anda buat atas kebijaksanaan Anda sendiri. Jika Google meyakini bahwa suatu Pajak harus dibayar oleh Anda atau Google sehubungan dengan penjualan Produk, Anda mengizinkan Google untuk menyertakan Pajak apa pun tersebut ke dalam harga yang ditagihkan kepada pengguna. Anda dapat menetapkan harga untuk Produk Anda menggunakan mata uang yang diizinkan oleh Pemroses Pembayaran. Google dapat menampilkan harga Produk kepada pengguna menggunakan mata uang lokal yang mereka gunakan, namun Google tidak bertanggung jawab kepada Anda atas keakuratan kurs mata uang atau konversi mata uang.

3.4 Bertindak sebagai Agen Anda, dan dengan Anda bertindak sebagai prinsipal, Google adalah penjual yang terdaftar atas Produk yang Anda jual atau sediakan untuk pengguna di Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) dan di Inggris Raya. Anda adalah penjual yang terdaftar atas Produk yang Anda jual atau sediakan melalui Google Play untuk semua pengguna lainnya. Harga yang Anda tetapkan untuk Produk akan menentukan jumlah pembayaran yang akan Anda terima. "Biaya Layanan", seperti yang tertera di sini dan sebagaimana dapat direvisi oleh Google dari waktu ke waktu, akan ditagihkan dalam harga penjualan dan dibagikan kepada Pemroses Pembayaran dan, jika ada, Penyedia Resmi.

3.5 Di beberapa negara/wilayah sebagaimana yang dijelaskan di sini, Google akan menentukan apakah Produk dapat dikenakan pajak dan jika dapat diterapkan, tarif Pajak yang berlaku akan dikumpulkan baik oleh Google, Pemroses Pembayaran, atau Penyedia Resmi, dan untuk dibayarkan kepada otoritas perpajakan yang sesuai untuk Produk yang dijual kepada pengguna. Google dapat memperbarui wilayah/negara tempat Google akan menentukan dan membayarkan Pajak dengan memberikan pemberitahuan kepada Anda. Di semua wilayah/negara lainnya, Anda bertanggung jawab untuk menentukan apakah Produk dapat dikenakan pajak, tarif Pajak yang berlaku untuk dikumpulkan, dan untuk membayarkan Pajak kepada otoritas perpajakan yang sesuai. Semua Pajak akan dipotong dari harga penjualan Produk yang terjual dan sisanya (harga penjualan dikurangi Biaya Layanan dan Pajak, jika ada) akan dibayarkan kepada Anda. Jika Google mengumpulkan dan menyerahkan Pajak di wilayah/negara yang berlaku, Anda dan Google akan mengakui penyediaan dari Anda ke Google untuk tujuan Pajak dan Anda akan mematuhi kewajiban pajak yang sesuai, yang timbul dari penyediaan tambahan ini.

3.6 Apabila Pemroses Pembayaran, atau Penyedia Resmi memberi tahu Google bahwa mereka diwajibkan oleh undang-undang (setempat) atau lembaga perpajakan pemerintah yang berlaku untuk memotong pajak apa pun, atau di mana Google diwajibkan oleh undang-undang (setempat) atau lembaga perpajakan pemerintah yang berlaku untuk memotong pajak apa pun (masing-masing disebut, "Pemotongan Pajak"), Google juga akan mengurangi jumlah yang sama dengan Pemotongan Pajak dari jumlah yang dikirimkan oleh Google kepada Anda. Pemotongan Pajak termasuk, namun tidak terbatas pada, kewajiban pemotongan pajak atas pembayaran lintas batas negara atau yang diberlakukan oleh pajak telekomunikasi.

3.7 Anda juga dapat memilih untuk menyediakan Produk secara gratis. Jika Produk gratis, Anda tidak akan dikenakan Biaya Layanan. Untuk menghindari biaya yang tidak terduga kepada pengguna, Anda menyetujui bahwa Produk yang awalnya ditawarkan gratis kepada pengguna akan tetap gratis. Biaya tambahan apa pun hanya akan dikenakan melalui versi tambahan atau alternatif dari Produk.

3.8 Anda memberi otorisasi kepada Google untuk mengembalikan dana pengguna sesuai dengan kebijakan pengembalian dana Google Play seperti yang dijelaskan di sini atau versi lokal yang tersedia untuk Anda, dan Anda setuju bahwa Google dapat mengurangi jumlah pengembalian dana tersebut dari pembayaran Anda. Selain itu, persyaratan dan ketentuan standar Pemroses Pembayaran terkait pengembalian dana akan berlaku. Pengembalian dana pengguna dapat tidak menyertakan pajak yang sebelumnya ditagihkan kepada pengguna untuk pembelian Produk.

3.9 Pengguna diizinkan untuk menginstal kembali tanpa batas setiap Produk yang didistribusikan melalui Google Play tanpa biaya tambahan, namun dengan ketentuan bahwa jika Anda menghapus Produk dari Google Play karena Penghapusan Hukum (seperti yang didefinisikan di Pasal 8.2), Produk ini akan dihapus dari semua bagian Google Play dan pengguna tidak memiliki hak atau kemampuan untuk menginstal kembali Produk yang terpengaruh.

4. Penggunaan Google Play oleh Anda.

4.1 Anda dan Produk Anda harus mematuhi Kebijakan Program Developer.

4.2 Anda bertanggung jawab untuk mengupload Produk Anda ke Google Play, menyediakan dukungan dan informasi Produk yang diperlukan kepada pengguna, serta secara akurat mengungkapkan izin yang diperlukan oleh Produk agar dapat berfungsi di Perangkat pengguna.

4.3 Anda bertanggung jawab untuk mempertahankan kerahasiaan kredensial developer mana pun yang dapat diberikan oleh Google kepada Anda atau yang dapat Anda pilih sendiri dan bahwa Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk semua Produk yang dikembangkan dengan kredensial developer Anda. Google dapat membatasi jumlah Akun Developer yang diberikan kepada Anda atau kepada perusahaan maupun organisasi tempat Anda bekerja.

4.4 Kecuali untuk hak lisensi yang Anda berikan dalam Perjanjian ini, Google menyetujui bahwa Google tidak memiliki hak, kuasa, atau kepentingan dari Anda (atau pemberi lisensi Anda) berdasarkan Perjanjian ini, atau untuk semua Produk Anda, termasuk Hak Atas Kekayaan Intelektual apa pun dalam Produk tersebut.

4.5 Anda tidak dapat menggunakan Google Play untuk mendistribusikan atau menyediakan Produk apa pun yang memiliki tujuan untuk memfasilitasi distribusi aplikasi software atau game untuk digunakan di perangkat Android di luar Google Play.

4.6 Anda setuju untuk menggunakan Google Play hanya untuk tujuan yang diizinkan menurut Perjanjian ini dan hukum, peraturan, panduan, atau praktik apa pun yang diterima secara umum dan berlaku di wilayah hukum terkait (termasuk hukum apa pun mengenai ekspor data atau software ke dan dari Amerika Serikat atau negara lainnya yang terkait).

4.7 Pengguna diharuskan untuk menghubungi Anda terkait kerusakan atau masalah performa pada Produk Anda. Dalam hal ini antara Anda dan Google, hanya Anda yang akan bertanggung jawab, dan Google tidak memiliki tanggung jawab, untuk melakukan atau menangani dukungan serta pemeliharaan Produk Anda dan keluhan apa pun terkait Produk Anda. Anda setuju untuk menyediakan dan mengelola informasi kontak yang akurat dan valid, yang akan ditampilkan pada setiap halaman detail Produk Anda serta menyediakannya kepada pengguna untuk tujuan hukum dan dukungan pelanggan. Untuk Produk berbayar Anda atau transaksi dalam aplikasi, Anda setuju untuk menanggapi pertanyaan dukungan pelanggan dalam waktu 3 hari kerja, dan dalam 24 jam untuk masalah Produk atau dukungan apa pun yang dinyatakan mendesak oleh Google. Kegagalan dalam menyediakan dukungan atau informasi yang memadai untuk Produk Anda dapat berakibat pada eksposur produk yang kurang terlihat atau penghapusan dari Google Play oleh Google dan dapat berakibat pada rendahnya rating Produk, tingkat penjualan yang lebih rendah, dan sengketa penagihan oleh pengguna.

4.8 Anda setuju bahwa jika Anda menyediakan Produk Anda melalui Google Play, Anda akan melindungi hak hukum dan privasi pengguna. Jika pengguna memberikan Anda, atau jika Produk Anda mengakses atau menggunakan, nama pengguna, sandi, atau informasi informasi login maupun informasi pribadi lainnya, Anda setuju untuk memberi tahu pengguna bahwa informasi tersebut dapat diakses oleh Produk Anda, dan Anda setuju untuk memberikan pemberitahuan privasi dan perlindungan yang memadai secara hukum kepada pengguna tersebut. Lebih jauh lagi, Produk Anda hanya dapat menggunakan informasi tersebut untuk tujuan terbatas sebagaimana diizinkan oleh pengguna kepada Anda. Jika Produk Anda menyimpan informasi pribadi atau sensitif yang diberikan oleh pengguna, Anda setuju untuk menyimpannya secara aman dan hanya selama diperlukan. Namun, jika pengguna telah memilih untuk membuat perjanjian terpisah dengan Anda yang mengizinkan Anda atau Produk Anda menyimpan informasi pribadi atau sensitif yang terkait langsung dengan Produk Anda (tidak termasuk aplikasi atau produk lainnya), persyaratan perjanjian terpisah itulah yang akan mengatur penggunaan Anda atas informasi tersebut. Jika pengguna memberikan informasi Akun Google-nya kepada Produk Anda, Produk Anda hanya dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengakses Akun Google pengguna jika, dan untuk tujuan terbatas sebagaimana, pengguna telah mengizinkan Anda untuk melakukannya.

4.9 Anda tidak akan terlibat dalam aktivitas apa pun dengan Google Play, termasuk menyediakan Produk Anda melalui Google Play, yang mengganggu, mengacaukan, merusak, atau mengakses perangkat, server, jaringan, atau layanan maupun properti lainnya dari pihak ketiga tanpa izin yang termasuk, namun tidak terbatas pada, Google atau Penyedia Resmi. Anda tidak dapat menggunakan informasi pengguna yang diperoleh melalui Google Play untuk menjual atau mendistribusikan Produk di luar Google Play.

4.10 Anda bertanggung jawab secara penuh, dan Google tidak bertanggung jawab kepada Anda terkait Produk Anda, termasuk penggunaan API Google Play apa pun dan konsekuensi atas tindakan Anda, termasuk kerugian maupun kerusakan apa pun yang dapat dialami Google.

4.11 Google Play mengizinkan pengguna memberi rating dan mengulas Produk. Hanya pengguna yang mendownload Produk tersebut, yang dapat memberi rating dan mengulasnya di Google Play. Rating produk dapat digunakan untuk menentukan penempatan Produk di Google Play. Google Play juga dapat menetapkan skor gabungan untuk Produk Anda yang belum diberi rating oleh pengguna. Skor gabungan akan mewakili kualitas Produk Anda berdasarkan histori Anda, dan akan ditentukan oleh Google atas kebijaksanaannya sendiri. Untuk Developer baru yang belum memiliki histori Produk, Google dapat menggunakan atau mempublikasikan pengukuran performa seperti rasio uninstal dan/atau pengembalian dana, untuk mengidentifikasi atau menghapus Produk yang tidak memenuhi standar yang dapat diterima, seperti yang ditentukan oleh Google. Google berhak menampilkan Produk kepada pengguna atas kebijaksanaannya sendiri. Produk Anda tunduk pada rating pengguna yang dapat tidak Anda setujui. Anda dapat menghubungi Google jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait pemberian rating.

5. Pemberian Otorisasi.

5.1 Sebagai kelanjutan atas penunjukan Google (sebagaimana yang dijelaskan di sini) Anda memberikan otorisasi tidak eksklusif, berlaku di seluruh dunia, dan bebas royalti kepada Google untuk: memperbanyak, menjalankan, menampilkan, menganalisis, dan menggunakan Produk Anda sehubungan dengan (a) operasional dan pemasaran Google Play; (b) pemasaran perangkat dan layanan yang mendukung penggunaan Produk dan pemasaran Produk di Google Play dan Perangkat; (c) penyediaan layanan hosting kepada Anda dan atas nama Anda untuk mengizinkan penyimpanan dan akses pengguna ke Produk dan memungkinkan hosting pihak ketiga untuk Produk, (d) melakukan peningkatan kualitas terhadap Google Play, Konsol Play, serta platform Android; dan (e) memeriksa kepatuhan terhadap Perjanjian serta Kebijakan Program Developer ini. Pemberian otorisasi dalam klausa (e) dapat disublisensikan kepada partner keamanan aplikasi. Anda juga memberikan otorisasi kepada partner keamanan aplikasi tersebut untuk menggunakan hasil ulasan mereka dalam produk dan risetnya yang mungkin tersedia untuk umum.

5.2 Anda memberi otorisasi kepada Google untuk melakukan tindakan yang dijelaskan dalam pasal ini sesuai kontrol dan petunjuk dari Anda dengan cara yang ditunjukkan di Konsol Play.

5.3 Anda memberikan lisensi tidak eksklusif, yang berlaku di seluruh dunia, dan berlaku seterusnya kepada pengguna untuk menjalankan, menampilkan, dan menggunakan Produk. Pengguna dapat termasuk, namun tidak terbatas pada, grup keluarga dan anggota keluarga yang akunnya digabungkan bersama untuk membuat grup keluarga. Grup keluarga di Google Play akan tunduk pada batasan yang wajar, yang didesain untuk mencegah penyalahgunaan fitur berbagi keluarga. Pengguna dalam grup keluarga dapat membeli 1 salinan Produk (kecuali jika dilarang, misalnya untuk Produk langganan dan dalam aplikasi) dan membagikannya kepada anggota keluarga lainnya dalam grup keluarga. Jika, dalam Konsol Play, Anda memilih untuk mengizinkan pengguna membagikan Produk yang telah dibeli sebelumnya, otorisasi yang Anda berikan terkait pembagian pembelian oleh pengguna tersebut tunduk pada Perjanjian ini. Jika Anda menginginkannya, Anda dapat menyertakan perjanjian lisensi pengguna akhir (EULA) terpisah pada Produk Anda yang akan mengatur hak pengguna pada Produk, namun, dengan batasan bahwa jika EULA bertentangan dengan Perjanjian ini, maka Perjanjian inilah yang akan menggantikan EULA. Anda memahami bahwa EULA untuk masing-masing Produk hanya berlaku antara Anda dan pengguna. Google tidak bertanggung jawab untuk, dan tidak memiliki kewajiban apa pun di bawah, EULA apa pun.

6. Fitur Merek dan Publisitas.

6.1 Masing-masing pihak akan memiliki semua hak, kuasa, dan kepentingan, termasuk dan tidak terbatas pada semua Hak Atas Kekayaan Intelektual, yang berhubungan dengan Fitur Merek-nya. Kecuali sejauh yang dinyatakan secara tegas dalam Perjanjian ini, tidak ada pihak yang memberi, dan tidak ada pihak lain yang akan mendapatkan hak, kuasa, atau kepentingan apa pun (termasuk, tanpa batasan, semua lisensi tersirat) terhadap atau atas Fitur Merek apa pun dari pihak lainnya.

6.2 Sesuai dengan persyaratan dan ketentuan Perjanjian ini, Developer memberikan lisensi terbatas, tidak eksklusif, dan bebas royalti kepada Google dan afiliasinya selama masa berlaku Perjanjian ini untuk menampilkan Fitur Merek Developer, yang dikirim oleh Developer ke Google, untuk hanya digunakan dalam Google Play, secara online atau pada Perangkat, dan hanya dalam setiap kasus tersebut sehubungan dengan distribusi dan penjualan Produk Developer melalui Google Play atau sebaliknya untuk memenuhi kewajiban berdasarkan Perjanjian ini.

6.3 Selain lisensi yang diberikan di Pasal 6.2 di atas, untuk tujuan memasarkan kehadiran, distribusi, dan penjualan Produk Anda melalui Google Play dan ketersediaannya untuk digunakan pada perangkat dan melalui layanan Google lainnya, Google beserta afiliasinya dapat menyertakan elemen visual dari Produk Anda (termasuk karakter dan video permainan game) dan Fitur Merek Developer (a) di dalam Google Play, di Perangkat, dan di properti seluler atau online apa pun yang dimiliki oleh Google; (b) melalui media online, seluler, televisi, atau di luar ruangan (misalnya baliho), dan format iklan cetak di luar Google Play; (c) saat membuat pengumuman ketersediaan Produk; (d) dalam presentasi; dan (e) pada daftar pelanggan yang muncul secara online atau pada perangkat seluler (yang mencakup, tidak terbatas pada, daftar pelanggan yang diposting di situs Google).

6.4 Google memberikan lisensi terbatas, tidak eksklusif, berlaku di seluruh dunia, dan bebas royalti kepada Developer untuk menggunakan Fitur Merek Android untuk persyaratan Perjanjian ini, semata-mata untuk tujuan pemasaran dan hanya sesuai dengan Pedoman Branding Android.

6.5 Jika Developer tidak melanjutkan distribusi Produk tertentu melalui Google Play, Google akan menghentikan penggunaan Fitur Merek Produk sesuai dengan Pasal 6 ini, kecuali jika diperlukan untuk memungkinkan Google menjalankan instal ulang oleh pengguna.

7. Aktivitas Promosi.

7.1 Google dapat menjalankan aktivitas promosi yang menawarkan kupon, kredit, dan/atau insentif promosi lainnya untuk transaksi berbayar dan/atau tindakan pengguna untuk Produk Anda dan transaksi dalam aplikasi hanya sehubungan dengan promosi Google Play dan, promosi kartu hadiah, juga saluran pihak ketiga yang diberi otorisasi oleh Google ("Promosi"), dengan ketentuan (a) jumlah yang dapat dibayarkan kepada Anda tidak akan terpengaruh; (b) akan ada komunikasi yang jelas kepada pengguna bahwa Promosi dilakukan oleh Google dan bukan oleh Anda; (c) harga yang Anda tentukan akan disampaikan secara jelas kepada pengguna; (d) penukaran Promosi apa pun akan dipenuhi oleh Google atau, untuk Promosi kartu hadiah, melalui pihak ketiga yang diberi otorisasi oleh Google; dan (e) Google akan bertanggung jawab atas kepatuhan terhadap hukum yang berlaku untuk Promosi.

7.2 Selain hak yang diberikan di Pasal 6, Anda memberi Google hak untuk menggunakan Fitur Merek Anda (dalam bentuk dan cara yang ditentukan oleh Anda) untuk tujuan Promosi pemasaran sehubungan dengan Google Play dan, untuk Promosi kartu hadiah, pada saluran pihak ketiga yang diberi otorisasi oleh Google; namun dengan ketentuan bahwa Google hanya akan menggunakan Fitur Merek yang dimiliki oleh Anda pada saluran pihak ketiga yang diberi otorisasi.

8. Penghapusan Produk.

8.1 Anda dapat menghapus Produk Anda kapan saja agar tidak lagi didistribusikan melalui Google Play pada masa mendatang, namun Anda setuju untuk mematuhi Perjanjian ini dan persyaratan layanan Akun Pembayaran dari Pemroses Pembayaran untuk Produk apa pun yang didistribusikan melalui Google Play sebelum penghapusan yang termasuk, namun tidak terbatas pada, persyaratan pengembalian dana. Menghapus Produk Anda dari distribusi mendatang melalui Google Play tidak (a) memengaruhi hak lisensi pengguna yang sebelumnya telah membeli atau mendownload Produk Anda; (b) menghapus Produk Anda dari Perangkat atau bagian apa pun di Google Play tempat menyimpan aplikasi yang sebelumnya telah dibeli atau didownload atas nama pengguna; atau (c) mengubah kewajiban Anda untuk mengirim atau mendukung Produk atau layanan yang sebelumnya dibeli atau didownload oleh pengguna.

8.2 Meskipun tertulis di Pasal 8.1, Google tidak akan mempertahankan Produk apa pun di bagian Google Play mana pun (termasuk, tanpa batasan, bagian Google Play tempat aplikasi yang sebelumnya dibeli atau didownload, yang disimpan atas nama pengguna) yang telah Anda hapus dari Google Play dan mengirimkan pemberitahuan tertulis ke Google bahwa penghapusan tersebut dilakukan karena (a) dugaan pelanggaran, atau pelanggaran sesungguhnya, atas Hak Atas Kekayaan Intelektual pihak ketiga mana pun; (b) dugaan pelanggaran, atau pelanggaran sesungguhnya, atas hak pihak ketiga; atau (c) dugaan atau penetapan bahwa Produk tersebut tidak mematuhi hukum yang berlaku (secara kolektif disebut "Penghapusan Hukum"). Jika Produk dihapus dari Google Play karena Penghapusan Hukum dan pengguna akhir membeli Produk tersebut dalam waktu 1 tahun (atau periode yang lebih lama sesuai yang diamanatkan oleh undang-undang konsumen setempat) sebelum tanggal penghapusan, atas permintaan Google, Anda setuju untuk mengembalikan dana kepada pengguna akhir sejumlah yang dibayarkan oleh pengguna akhir untuk Produk tersebut.

8.3 Google tidak memiliki kewajiban untuk memantau Produk atau kontennya. Jika Google mendapati dan menetapkan atas kebijaksanaannya sendiri bahwa Produk atau bagian apa pun dari Produk tersebut (a) melanggar hukum yang berlaku; (b) melanggar Perjanjian ini, kebijakan yang berlaku, atau persyaratan layanan lainnya, sebagaimana dapat diperbarui oleh Google dari waktu ke waktu atas kebijaksanaannya sendiri; (c) melanggar persyaratan perjanjian distribusi dengan produsen perangkat dan Penyedia Resmi; atau (d) membuat kewajiban untuk atau memiliki dampak buruk pada Google atau Penyedia Resmi; sehingga Google dapat menolak, menghapus, menangguhkan, atau mengelompokkan kembali Produk dari Google Play atau dari Perangkat. Google berhak, atas kebijaksanaannya sendiri, menangguhkan dan/atau melarang Produk apa pun dan/atau Developer dari Google Play atau dari Perangkat. Jika Produk Anda berisi elemen yang dapat menyebabkan bahaya serius kepada perangkat atau data pengguna, Google atas kebijaksanaannya sendiri dapat menonaktifkan Produk atau menghapusnya dari Perangkat tempat Produk tersebut diinstal. Jika Produk Anda ditolak, dihapus, atau ditangguhkan dari Google Play atau dari Perangkat berdasarkan Pasal 8.3 ini, Google dapat menahan pembayaran yang akan diberikan kepada Developer.

8.4 Google menyepakati perjanjian distribusi dengan produsen perangkat dan Penyedia Resmi untuk menempatkan aplikasi klien software Google Play di Perangkat. Perjanjian distribusi ini dapat mewajibkan penghapusan paksa Produk yang melanggar persyaratan layanan Penyedia Resmi atau produsen Perangkat.

9. Privasi dan Informasi.

9.1 Data apa pun yang dikumpulkan atau digunakan berdasarkan Perjanjian ini sesuai dengan Kebijakan Privasi Google.

9.2 Untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas Google Play, produk dan layanan terkait, serta pengalaman pengguna dan Developer di seluruh produk dan layanan Google, Google dapat mengumpulkan statistik penggunaan tertentu dari Google Play dan Perangkat termasuk, namun tidak terbatas pada, informasi mengenai cara penggunaan Produk, Google Play, dan Perangkat.

9.3 Data yang dikumpulkan digunakan secara agregat untuk menyempurnakan Google Play, produk dan layanan terkait, serta pengalaman pengguna dan Developer di seluruh produk dan layanan Google. Developer memiliki akses ke data tertentu yang dikumpulkan oleh Google melalui Konsol Play.

10. Menghentikan Perjanjian ini.

10.1 Perjanjian ini akan terus berlaku sampai dihentikan, tunduk pada persyaratan yang tetap berlaku berdasarkan Pasal 16.9, oleh Anda atau Google sebagaimana disebutkan di bawah ini.

10.2 Jika Anda ingin menghentikan Perjanjian ini, Anda akan membatalkan publikasi semua Produk Anda dan menghentikan penggunaan Anda atas Konsol Play serta kredensial developer apa pun yang terkait.

10.3 Google dapat menghentikan Perjanjian ini dengan Anda untuk alasan apa pun melalui pemberitahuan tertulis yang dikirimkan dalam waktu tiga puluh (30) hari sebelumnya. Selain itu, Google dapat, kapan saja, segera menangguhkan atau menghentikan Perjanjian ini dengan Anda jika (a) Anda melanggar ketentuan apa pun dari Perjanjian ini, perjanjian kerahasiaan apa pun, atau perjanjian lainnya terkait dengan Google Play atau platform Android; (b) Google diwajibkan melakukannya berdasarkan hukum; (c) Anda tidak lagi menjadi developer resmi, developer bereputasi baik, atau dilarang menggunakan software Android; atau (d) Google memutuskan untuk tidak lagi menyediakan Google Play.

10.4 Setelah Perjanjian ini dihentikan, Google tidak akan mendistribusikan Produk Anda, namun dapat menyimpan dan menggunakan salinan Produk untuk dukungan Google Play dan platform Android.

11. Pernyataan dan Jaminan.

11.1 Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki semua Hak Atas Kekayaan Intelektual di dalam dan untuk Produk Anda.

11.2 Jika Anda menggunakan materi pihak ketiga, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki hak untuk mendistribusikan materi pihak ketiga tersebut dalam Produk. Anda setuju bahwa Anda tidak akan mengirimkan materi ke Google Play yang tunduk pada Hak Atas Kekayaan Intelektual pihak ketiga kecuali Anda adalah pemilik hak tersebut atau memiliki izin dari pemilik yang sah untuk mengirimkan materi tersebut.

11.3 Anda menyatakan dan menjamin bahwa, sebagai prinsipal untuk transaksi dengan pengguna, Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk mematuhi semua hukum yang berlaku dan kewajiban lainnya di seluruh dunia.

12. SANGGAHAN JAMINAN.

12.1 ANDA MEMAHAMI DAN MENYETUJUI SECARA TEGAS BAHWA RISIKO ATAS PENGGUNAAN ANDA ATAS KONSOL PLAY DAN GOOGLE PLAY SEPENUHNYA MENJADI TANGGUNG JAWAB ANDA DAN KONSOL PLAY SERTA GOOGLE PLAY DISEDIAKAN "SEBAGAIMANA ADANYA" DAN "SEBAGAIMANA TERSEDIA" TANPA JAMINAN APA PUN.

12.2 PENGGUNAAN ANDA ATAS KONSOL PLAY DAN GOOGLE PLAY DAN MATERI APA PUN YANG DIDOWNLOAD ATAU YANG DIPEROLEH MELALUI PENGGUNAAN KONSOL PLAY DAN GOOGLE PLAY ADALAH ATAS KEBIJAKSANAAN ANDA SERTA MENJADI RISIKO ANDA SENDIRI, DAN ANDA SEPENUHNYA BERTANGGUNG JAWAB JIKA TERJADI KERUSAKAN TERHADAP SISTEM KOMPUTER ANDA ATAU PERANGKAT LAINNYA ATAU KEHILANGAN DATA YANG DISEBABKAN ATAS PENGGUNAAN TERSEBUT.

12.3 LEBIH LANJUT, GOOGLE SECARA TEGAS MELEPASKAN TANGGUNG JAWAB HUKUM TERHADAP SEMUA JAMINAN DAN KETENTUAN DALAM BENTUK APA PUN, BAIK TERSURAT MAUPUN TERSIRAT, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN DAN KETENTUAN TERSIRAT MENGENAI KELAYAKAN UNTUK DIPERDAGANGKAN, KESESUAIAN UNTUK TUJUAN TERTENTU, DAN KETIADAAN PELANGGARAN.

13. BATASAN KEWAJIBAN.

SEBAGAIMANA BATAS MAKSIMUM YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM, ANDA MEMAHAMI DAN SETUJU SECARA TEGAS BAHWA GOOGLE, ANAK PERUSAHAAN, AFILIASI, DAN PEMBERI LISENSINYA TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB KEPADA ANDA ATAS KERUGIAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTAL, SEBAGAI AKIBAT KHUSUS, ATAU SEBAGAI PERINGATAN YANG DAPAT DISEBABKAN OLEH ANDA, TERMASUK KEHILANGAN DATA APA PUN, BAIK GOOGLE ATAU PERWAKILANNYA TELAH DIBERI TAHU ATAU TIDAK, ATAUPUN SEHARUSNYA MENGETAHUI ATAU TIDAK, TERKAIT KEMUNGKINAN KEHILANGAN SEMACAM INI YANG MUNGKIN TERJADI.

14. Ganti Rugi.

14.1 Sebagaimana batas maksimum yang diizinkan oleh hukum, Anda setuju untuk membela, melindungi, dan membebaskan dari kerugian, Google, afiliasinya, serta direktur, pegawai, karyawan, dan agen, dan Penyedia Resmi dari dan terhadap setiap atau seluruh klaim, tindakan, gugatan, atau proses pihak ketiga, serta semua kehilangan, kewajiban, kerugian, biaya, dan pengeluaran (termasuk biaya pengacara yang wajar) yang timbul dari (a) Penggunaan Konsol Play dan Google Play yang melanggar Perjanjian ini; (b) pelanggaran oleh Produk Anda atas Hak Atas Kekayaan Intelektual atau hak lain dari pihak mana pun; atau (c) Pelanggaran hukum apa pun yang dilakukan oleh Anda atau Produk Anda.

14.2 Sebagaimana batas maksimum yang diizinkan oleh hukum, Anda setuju untuk membela, melindungi, dan membebaskan dari kerugian, Pemroses Pembayaran (yang dapat menyertakan Google dan/atau pihak ketiga) dan afiliasinya, direktur, pegawai, karyawan, dan agen dari dan terhadap setiap atau seluruh klaim, tindakan, gugatan, atau proses pihak ketiga, serta semua kehilangan, kewajiban, kerugian, biaya, dan pengeluaran (termasuk biaya pengacara yang wajar) yang timbul dari Distribusi Produk Anda melalui Google Play.

15. Perubahan Terhadap Perjanjian.

15.1 Google dapat mengubah Perjanjian ini kapan saja dengan mengirimkan pemberitahuan kepada Developer dan kesempatan untuk menolak penggunaan lebih lanjut atas Google Play. Anda juga harus melihat Perjanjian dan memeriksa pemberitahuan perubahan secara berkala.

15.2 Perubahan tidak akan bersifat retroaktif. Perjanjian akan diberlakukan, dan akan dianggap telah disetujui oleh Developer, (a) secara langsung bagi mereka yang menjadi Developer setelah pemberitahuan diposting, atau (b) untuk Developer yang sudah ada sebelumnya, pada tanggal yang telah ditentukan dalam pemberitahuan, yang paling cepat dalam waktu 30 hari setelah perubahan diposting (kecuali perubahan diwajibkan oleh hukum, akan langsung diberlakukan).

15.3 Jika Anda tidak setuju dengan perubahan terhadap Perjanjian, Anda dapat menghentikan Penggunaan Google Play Anda, yang akan menjadi upaya hukum Anda satu-satunya dan bersifat eksklusif. Anda setuju bahwa jika Anda terus menggunakan Google Play, Anda menyetujui persyaratan Perjanjian ini sebagaimana diubah tersebut.

16. Ketentuan Hukum Umum.

16.1 Perjanjian ini, termasuk adendum apa pun yang Anda setujui secara terpisah, menetapkan seluruh perjanjian hukum antara Anda dan Google dan mengatur penggunaan Anda terhadap Google Play, dan sepenuhnya menggantikan perjanjian sebelumnya antara Anda dan Google dalam kaitannya dengan Google Play. Versi bahasa Inggris dari Perjanjian ini akan berlaku dan terjemahannya, jika ada, bersifat tidak mengikat dan hanya untuk referensi saja.

16.2 Anda setuju bahwa jika Google tidak menjalankan atau melaksanakan hak hukum atau upaya hukum yang terdapat dalam Perjanjian ini (atau yang dapat dimanfaatkan Google berdasarkan hukum apa pun yang berlaku), maka hal ini tidak akan dianggap sebagai pengesampingan hak Google secara resmi dan hak atau upaya hukum tersebut akan tetap tersedia bagi Google.

16.3 Jika persidangan hukum yang berwenang memutuskan masalah ini menetapkan bahwa terdapat ketentuan dalam Perjanjian ini yang tidak valid, ketentuan tersebut akan dihapus dari Perjanjian tanpa memengaruhi isi Perjanjian lainnya. Semua ketentuan lainnya dalam Perjanjian ini akan tetap berlaku dan dapat diterapkan.

16.4 Anda memahami dan menyetujui bahwa setiap anggota grup perusahaan yang mencakup Google akan menjadi penerima pihak ketiga dari Perjanjian ini dan perusahaan lain tersebut akan berhak untuk memberlakukan dan mengandalkan ketentuan apa pun secara langsung dalam Perjanjian ini, yang memberikan manfaat (atau hak yang bermanfaat) bagi perusahaan. Selain itu, tidak ada satu pun orang atau perusahaan yang akan menjadi penerima pihak ketiga dari Perjanjian ini.

16.5 PRODUK DI GOOGLE PLAY DAPAT TUNDUK PADA PERATURAN DAN HUKUM EKSPOR AMERIKA SERIKAT DAN LAINNYA. ANDA SETUJU UNTUK MEMATUHI PERATURAN DAN HUKUM EKSPOR INTERNASIONAL DAN DOMESTIK YANG BERLAKU UNTUK DISTRIBUSI ATAU PENGGUNAAN PRODUK. HUKUM INI MENCAKUP PEMBATASAN PADA TUJUAN, PENGGUNA, DAN PENGGUNAAN AKHIR.

16.6 Kecuali dalam hal terjadinya perubahan kontrol (misalnya, melalui pembelian atau penjualan saham, merger, atau bentuk transaksi korporasi lainnya), hak yang diberikan dalam Perjanjian ini tidak dapat dilimpahkan atau dialihkan oleh Anda atau Google tanpa persetujuan sebelumnya dari pihak lainnya. Upaya apa pun lainnya untuk memindahkan hak dianggap tidak sah.

16.7 Jika Anda mengalami perubahan kontrol, Google dapat, dengan kebijaksanaannya sendiri, memilih untuk segera menghentikan Perjanjian ini.

16.8 Semua klaim yang muncul atau terkait dengan Perjanjian ini atau hubungan Anda dengan Google berdasarkan Perjanjian ini, akan diatur oleh hukum Negara Bagian California tanpa memperhatikan pertentangan ketentuan hukum California. Lebih lanjut, Anda dan Google setuju untuk tunduk pada wilayah hukum eksklusif pengadilan federal atau negara bagian yang terletak di wilayah Santa Clara, California untuk menyelesaikan masalah hukum yang muncul dari atau terkait dengan Perjanjian ini, atau dengan hubungan Anda dengan Google berdasarkan Perjanjian ini, kecuali Anda setuju bahwa Google akan diizinkan untuk mengajukan putusan sela ganti rugi pada wilayah hukum mana pun. Jika Anda menyetujui Perjanjian atas nama entitas pemerintah Amerika Serikat, perjanjian berikut yang berlaku, bukan perjanjian sebelumnya: pihak yang setuju untuk tetap diam terkait hukum yang mengatur dan tempat pengadilan.

16.9 Pasal 1 (Definisi), 6.5, 10.4, 11 (Pernyataan dan Jaminan), 12 (Penafian Jaminan), 13 (Batasan Kewajiban), 14 (Perlindungan Terhadap Kerugian), dan 16 (Ketentuan Hukum Umum) akan tetap berlaku walaupun Perjanjian ini berakhir atau tidak berlaku lagi.

0 komentar :

Berikan Komentar Anda

Klien
Jasa Aplikasi - Indotema.com